2012/12/12

Kebun Buah Mangunan: Keindahan Ditengah Bukit Berbatu




Yogyakarta merupakan salah satu kota destinasi wisata yang banyak disukai oleh wisatawan asing maupun domestik. Selain mempunyai kebudayaan yang kental dengan tradisi-tradisi yang unik yogyakarta juga mempunyai wisata alam yang menarik dan harus dikunjungi jika berada di Yogyakarta. Salah satu wisata alam tersebut adalah kebun buah mangunan. 
 
Kebun buah mangunan terletak di Dusun Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Kondisi jalan yang naik turun dan berliku membuat tantangan tersendiri bagi yang belum pernah melalui medan yang seperti ini. Tetapi disepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan hijau yang sangat luar biasa insahnya. Tetapi pada saat sedang turun hujan diharuskan untuk berhati-hati karena medan menjadi sangat licin.



Setelah menempuh 1 jam perjalanan dari kota jogja anda sudah sampai di kebun buah mangunan, disana terdapat berbagai macam koleksi tanaman buah-buahan, diantaranya durian, mangga, jeruk dan jambu. Menariknya ketika sedang musim buah, disini para pengunjung dipersilahkan untuk memetik buah langsung dari pohonnya. Untuk sekedar mengunjungi kebun buah, pengunjung dipungut biaya masuk sebesar Rp 5000. Sedangkan untuk memetik buah, pengelola menetapkan harga per-kilogram, tergantung dari jenis buahnya. 

Tidak hanya tanaman buah-buahan yang terdapat di kebun ini, anda juga dapat melihat beberapa koleksi satwa seperti rusa dan monyet. Setelah menyusuri tanjakan yang lumayan terjal akan ada gardu pandang yang ada di atas bukit dan anda dapat menikmati keindahan ciptaan Tuhan yang begitu inspirasional. Sungguh, keindahan yang disuguhkan disini tidak dapat dingkapkan dengan kata-kata. Tak heran jika di gardu pandang inilah yang dijadikan tempat favorit pengunjung yang datang. Diatas bukit ini anda juga akan melihat sebuah sungai dengan jembatan gantung yang membelah perbukitan dibawahnya.



Jika anda ingin bersantai bersama teman dan keluarga. Tempat ini memang cocok sekali untuk merefreskan pikiran yang sudah tercemar polusi perkotaan. Sepulang dari sini pun pikiran anda akan menjadi segar kembali. Jadi kelelahan yang terjadi saat diperjalanan menuju ke wisata ini akan terbayar sudah. Happy traveler :D




Tidak ada komentar:

Posting Komentar